sepuluh peran yang dimainkan oleh manajer di tempat kerjanya Menurut Henry Mintzberg
Henry Mintzberg, seorang ahli riset ilmu manajemen,
mengemukakan bahwa ada sepuluh peran yang dimainkan oleh manajer di tempat
kerjanya. Ia kemudian mengelompokan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok, yaitu :
1.
Interpersonal Roles (peran
antar pribadi)
Interpersonal roles
merupakan peran manajerial yang berkaitan dengan pekerjaan yang berhubungan
dengan orang lain dan tugas-tugas yang bersifat seremonial dan simbolik. Peran interpersonal manajer mencakup :
a)
Kepala figur (figurehead)
Menjadi simbol, melakukan tugas rutin yang berkaitan
dengan tugas-tugas resmi, dan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat sosial. Contoh
aktifitasnya : Memberi sambutan pada berbagai acara, atau membuka berbagai
acara yang diselenggarakan organisasi.
b)
Pemimpin (leader)
Bertanggung
jawab untuk memotivasi bawahan, menyusun struktur organisasi, melatih/
meningkatkan kompetensi bawahan dan tugas-tugas organisasi yang lain. Contoh
aktifitasnya : Hampir keseluruhan
aktifitas yang berkaitan dengan bawahan
c)
Penghubung (liaision)
Menjalin dan
merawat hubungan dengan pihak luar dan berbagai informan. Contoh aktifitasnya :
Membalas surat, mengerjakan pertemuan dengan lembaga-lembaga eksternal, tampil
pada berbagai aktifitas diluar organisasi.
2.
Informational Roles (peran
informasional)
Informational
roles merupakan peran manajerial yang berkaitan dengan
menerima, menyimpan dan menyebarluaskan informasi.
Peran pemberi informasi mencakup:
a)
Pengawas (monitor)
Mencari dan
menerima berbagai macam informasi untuk pengembangan pemahaman terhadap organisasi
dan lingkungan. Contoh aktifitasnya : Melakukan
monitoring dan laporan secara periodik, merawat hubungan dengan personal.
b)
Penyebar informasi
(disseminator)
Menyebarkan
informasi yang diterima dari dari pihak luar atau dari bawahan untuk seluruh
anggota organisasi; beberapa informasi adalah fakta, beberapa yang lain adalah
interpretasi dan integrasi dari berbagai nilai yang ada dalam organisasi.
Contoh aktifitasnya: Menyelenggarakan pertemuan-pertemuan informal, atau
acara-acara lain untuk meneruskan informasi-informasi.
c)
Juru bicara (spokesperson)
Menyebarkan
informasi kepada pihak luar tentang rencana organisasi, kebijakan,
kegiatan-kegiatan, dan hasil. Contoh aktifitasnya: Memberi informasi kepada
media, menyampaikan dalam rapat-rapat di kementrian, dan lain-lain.
3.
Decisional Roles (peran
pengambilan keputusan)
Decisional roles merupakan
peran manajerial yang berkaitan dengan penentuan berbagai pilihan. Peran pengambil keputusan mencakup :
a)
Wirausahawan (entrepreneur)
Mencari berbagai
peluang bagi organisasi terhadap lingkungannya dan mengambil inisiatif untuk
mengembangkan berbagai proyek perubahan. Contoh akitfitasnya: Strategi
organisasi untuk pengembangan program-program baru.
b)
Penengah keributan
(disturbance handler)
Bertanggung
jawab terhadap tindakan perbaikan ketika terjadi masalah yang tidak diharapkan.
Contoh aktifitasnya: Strategi organisasi dalam menghadapi masalah yang tidak
diharapkan dan krisis.
c)
Pengalokasi sumber daya
(resourcesallocator)
Bertanggung
jawab mengalokasikan sumber daya. Contoh aktifitasnya: Menjadwal, meminta
kepada pihak yang berwenang, dan hasil dari berbagai aktifitas dari anggaran
dan program kerja bawahan.
d)
Perunding atau Negosiator
(negotiator)
Bertanggung
jawab dalam mewakili organisasi pada berbagai kegiatan negosiasi. Contoh
aktifitasnya: Mewakili organisasi pada berbagai kontrak.
Mintzberg
kemudian menyimpulkan bahwa secara garis besar, aktivitas yang dilakukan oleh
manajer adalah berinteraksi dengan orang lain.
Komentar
Posting Komentar