sepuluh peran yang dimainkan oleh manajer di tempat kerjanya Menurut Henry Mintzberg

Henry Mintzberg, seorang ahli riset ilmu manajemen, mengemukakan bahwa ada sepuluh peran yang dimainkan oleh manajer di tempat kerjanya. Ia kemudian mengelompokan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok, yaitu :
1.         Interpersonal Roles (peran antar pribadi)
Interpersonal roles merupakan peran manajerial yang berkaitan dengan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain dan tugas-tugas yang bersifat seremonial dan simbolik. Peran interpersonal manajer mencakup :
a)                   Kepala figur (figurehead)
Menjadi simbol, melakukan tugas rutin yang berkaitan dengan tugas-tugas resmi, dan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat sosial. Contoh aktifitasnya : Memberi sambutan pada berbagai acara, atau membuka berbagai acara yang diselenggarakan organisasi.
b)                  Pemimpin (leader)
Bertanggung jawab untuk memotivasi bawahan, menyusun struktur organisasi, melatih/ meningkatkan kompetensi bawahan dan tugas-tugas organisasi yang lain. Contoh aktifitasnya :  Hampir keseluruhan aktifitas yang berkaitan dengan bawahan
c)                   Penghubung (liaision)
Menjalin dan merawat hubungan dengan pihak luar dan berbagai informan. Contoh aktifitasnya : Membalas surat, mengerjakan pertemuan dengan lembaga-lembaga eksternal, tampil pada berbagai aktifitas diluar organisasi.
2.         Informational Roles (peran informasional)
Informational roles merupakan peran manajerial yang berkaitan dengan menerima, menyimpan dan menyebarluaskan informasi. Peran pemberi informasi mencakup:
a)                   Pengawas (monitor)
Mencari dan menerima berbagai macam informasi untuk pengembangan pemahaman terhadap organisasi dan lingkungan. Contoh aktifitasnya : Melakukan monitoring dan laporan secara periodik, merawat hubungan dengan personal.
b)                  Penyebar informasi (disseminator)
Menyebarkan informasi yang diterima dari dari pihak luar atau dari bawahan untuk seluruh anggota organisasi; beberapa informasi adalah fakta, beberapa yang lain adalah interpretasi dan integrasi dari berbagai nilai yang ada dalam organisasi. Contoh aktifitasnya: Menyelenggarakan pertemuan-pertemuan informal, atau acara-acara lain untuk meneruskan informasi-informasi.
c)                   Juru bicara (spokesperson)
Menyebarkan informasi kepada pihak luar tentang rencana organisasi, kebijakan, kegiatan-kegiatan, dan hasil. Contoh aktifitasnya: Memberi informasi kepada media, menyampaikan dalam rapat-rapat di kementrian, dan lain-lain.
3.         Decisional Roles (peran pengambilan keputusan)
Decisional roles merupakan peran manajerial yang berkaitan dengan penentuan berbagai pilihan. Peran pengambil keputusan mencakup :
a)                   Wirausahawan (entrepreneur)
Mencari berbagai peluang bagi organisasi terhadap lingkungannya dan mengambil inisiatif untuk mengembangkan berbagai proyek perubahan. Contoh akitfitasnya: Strategi organisasi untuk pengembangan program-program baru.
b)                  Penengah keributan (disturbance handler)
Bertanggung jawab terhadap tindakan perbaikan ketika terjadi masalah yang tidak diharapkan. Contoh aktifitasnya: Strategi organisasi dalam menghadapi masalah yang tidak diharapkan dan krisis.
c)                   Pengalokasi sumber daya (resourcesallocator)
Bertanggung jawab mengalokasikan sumber daya. Contoh aktifitasnya: Menjadwal, meminta kepada pihak yang berwenang, dan hasil dari berbagai aktifitas dari anggaran dan program kerja bawahan.
d)                  Perunding atau Negosiator (negotiator)
Bertanggung jawab dalam mewakili organisasi pada berbagai kegiatan negosiasi. Contoh aktifitasnya: Mewakili organisasi pada berbagai kontrak.
Mintzberg kemudian menyimpulkan bahwa secara garis besar, aktivitas yang dilakukan oleh manajer adalah berinteraksi dengan orang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Win 7 Error 0xc00000e9

Cara Memperbaiki error 0xc00000e9 di Windows 10/8

Jawaban Soal UTS Algoritma & Pemrograman Semester 2